Inilah Fadilah Puasa Sunnah Tarwiyah Dan Puasa Sunnah Arafah Yang Harus Kamu Ketahui

 Inilah Fadilah Puasa Sunnah Tarwiyah Dan Puasa Sunnah Arafah Yang Harus Kamu Ketahui

Ponpes Darussalam Tegal Rejo,Pelita Jaya - Jelang memasuki hari-hari pertama bulan Dzulhijjah, terdapat amalan-amalan yang dianjurkan bagi umat muslim di bulan tersebut, seperti puasa tarwiyah dan puasa arafah. Lantas, apa saja keutamaan dari puasa tarwiyah dan puasa arafah ini?

Puasa tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Arafah, yaitu hari kedelapan pada bulan Dzulhijah. Sementara itu, hari kesembilan pada bulan Dzulhijjah adalah waktunya pelaksanaan puasa arafah. Kedua puasa sunnah ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak menunaikan haji.

Mengutip dari buku yang bertajuk Koleksi Doa & Dzikir Sepanjang Masa karya Ustadz Ali Amrin al-Qurawy, baik puasa tarwiyah maupun puasa arafah ini sama-sama ditujukan untuk memperingati kisah ketaatan Nabi Ibrahim AS saat beliau bermimpi menyembelih anaknya.

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

1. Seperti Puasa Setahun

Terkait anjuran khusus mengenai pelaksanaan puasa tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa arafah pada hari setelahnya, dalam suatu riwayat hadits disebutkan seperti melaksanakan puasa selama setahun. Hadits tersebut berbunyi:

"Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun," (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

2. Amalan yang Dicintai Allah

Salah satu keutamaan puasa tarwiyah dan puasa arafah adalah amalan ini merupakan amalan yang dicintai Allah.

Disebutkan dalam salah satu hadits riwayat Bukhari dari Ibnu Abbas seperti dikutip dari Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al Ghazali, Rasulullah SAW bersabda:

"Tiada hari di mana amal sholeh, lebih dicintai Allah selain hari-hari yang sepuluh ini (10 hari pertama bulan Dzulhijjah).' Sesungguhnya berpuasa satu hari di dalamnya membandingi puasa satu tahun. Melakukan sholat malam di dalamnya membandingi sholat malam pada malam Lailatul Qadar. Salah seorang sahabat bertanya 'Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?' Beliau (Rasulullah) bersabda, 'Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid).'" (HR. Bukhari)

3. Menghapus Dosa yang Lalu

Keutamaan lainnya adalah menghapus dosa kita yang lalu. Suatu waktu, Rasulullah SAW ditanya oleh para sahabatnya terkait puasa hari Arafah. Kemudian Rasulullah SAW menjawab dengan sangat singkat, namun maknanya mudah dipahami.

Rasululullah SAW bersabda:

Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim).

Kemudian, dalam suatu riwayat hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda:

"Aku berharap kepada Allah agar puasa hari Arafah dapat menghapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya," (HR. Muslim)

4. Membebaskan dari Api Neraka

Masih mengutip dari sumber buku yang sama, puasa arafah menjadi hari yang akan membebaskan hamba dari siksa api neraka. Berikut bunyi hadits Rasulullah SAW tersebut:

"Tidak ada hari yang di dalamnya Allah membebaskan hamba-hamba dari api neraka lebih banyak daripada di hari Arafah," (HR. Muslim).

Itulah beberapa keutamaan dari puasa arafah dan puasa tarwiyah. Jadi, jangan lupa puasa di awal bulan Dzulhijjah nanti ya,

 


Sahabat Muslim dimanapun Berada,Di Era zaman tua ini pendidikan berbasis Pondok Pesantren Sangatlah Penting Dalam Membina Dan Mendidik Akhlaq Serta Moral Anak Agar kelak menjadi anak yang soleh dan soleha berbakti kepada kedua orang tua dan bisa mendo'akan kedua orang tuanya setelah meninggal nanti...

Saat ini saudara gak usah bingung dan pusing memilih Pondok Pesantren yang bisa di percaya!

Daftarkan saja putra putri saudara di: 

Pondok Pesantren Darussalam Tegal Rejo 

Yang Beralamatkan Di Desa Pelita Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Satu-satunya pondok pesantren terbaik di sumatera selatan yang telah meluluskan Ribuan Alumni yang telah meneyebar keseluruh Nusantara Dengan menjadi Ulama' dan ada yang menduduki di tempat strategis pemerintahan.

Pondok Pesantren Ini Di Dukung dengan pendidikan Formal sperti:

  1. TK
  2. Madrasah Ibtidaiyah
  3. Madrasah Tsanawiyah
  4. Madrasah Aliyah
  5. Sekolah Menengah Kejuruan
  6. Madrasah Diniyah
  7. TPA/TPQ
  8. Dan berbagai Program Keterampilan lainya seperti: Menjahit,Menyablon,Komputer,Drum Band,Pencak Silat,Seni Ukir,Perikanan,Perkebunan,dan pertukangan,Kepramukaan















 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.